PIO26 – Starks Are Coming Home

“Cari sebuah gambar yang menarik perhatianmu lalu kumpulkan berbagai macam kata yang terlintas di benakmu, kemudian tulislah beberapa paragraf tentang gambar itu.”

Untuk project ini bisa dibilang mudah tetapi tetap menantang. Aku memilih gambar dari serial TV Game of Thrones Season 7. Aku sudah menonton film ini mulai dari season pertama hingga keenam. Dan di season terbarunya, Game of Thrones semakin seru, berdebar-debar dan membuat penasaran.

#

Setelah menemukan gambar yang diinginkan, langkah berikutnya adalah mengumpulkan kata-kata yang terpikirkan di kepala sebagai bahan tulisan.

Jon Istri Penglihatan
Sansa Ramsay Bolton Masa Depan
Arya Joffrey Baratheon Masa Lalu
Brandon Tyrion Lanister Waktu
Stark Tragis Belajar Pedang
Winterfell Kematian Mencuri Wajah
Anak Dipancung King of North
Ned Stark Dendam Bersatu Kembali
Night Watch Three Eyes Raven Keluarga
No One Warging Pembunuhan
Rindu Dragonstone Cacat
Kakak Adik White Walker Dragonglass
Melindungi Perang Sedih
Rumah Berjuang Terharu

Kehidupan keluarga Stark berubah setelah Ned Stark, Lord of Winterfell diangkat sebagai Hand of King oleh King Robert Baratheon. Robert melimpahkan urusan pemerintahan kepada Ned karena ia percaya kepada temannya tersebut. Namun satu dan lain hal terjadi di dalam Game of Thrones. Saat kamu memainkannya, ada dua hal yang terjadi yaitu entah kamu yang menang atau justru kamu yang mati.

Setelah kekacauan dan pengkhianatan terjadi silih berganti, Ned berakhir di tangan algojo kerajaan yang memenggal kepalanya hingga terpisah dari badan. Kehilangan sosok seorang ayah membuat keluarga menjadi shock dan ingin menuntut keadilan. Robb Stark sebagai anak tertua mengumpulkan tentara dari Winterfell untuk menyerang kerajaan di King’s Landing. Namun sebelum sampai ke sana, ia harus meregang nyawa bersama istri dan ibunya akibat pengkhiantan dari keluarga Bolton dan Frey pada saat Red Wedding.

Nasib anak-anak yang lain tidak jauh dari kesedihan dan penderitaan. Sansa Stark yang menikah dengan King Joffrey Baratheon harus menerima kenyataan bahwa ia telah menikah dengan seorang monster licik dan angkuh. Setelah diceraikan oleh Joffrey, ia dinikahi oleh Tyrion Lanister, si kurcaci yang suka mabuk tapi baik hati. Tyrion menghormati Sansa dan tidak pernah menyentuhnya. Ia sudah terlebih dahulu jatuh cinta kepada seorang PSK bernama Shae yang sekarang bertugas sebagai asisten Sansa.

Ibarat piala bergilir, Sansa kemudian menikah dengan Ramsay Bolton setelah ia berhasil kabur dari King’s Landing. Keluar dari kandang Singa (Joffrey), ia malah masuk ke kandang Anjing (Ramsay). Kelakukan Ramsay jauh lebih jahat daripada Joffrey. Sansa menderita tekanan mental dan batin yang luar biasa. Sansa akhirnya bisa bebas setelah kabur bersama Theon Greyjoy. Dan setelah bertemu kakaknya (Jon Snow), Sansa sudah merasa aman. Ia pun cukup puas saat pasukan Ramsay dikalahkan dan Stark bisa kembali menguasai Winterfell.

Jon Snow pun memiliki cerita yang tragis dan menegangkan di dalam hidupnya. Ketika ayahnya (Ned Stark) dipancung, ia masih berada di Castle Black sebagai bagian dari anggota Night Watch. Ia tidak bisa pergi menuju Winterfell atau kemanapun karena terikat janji utuk tidak boleh meninggalkan Castle Black. Jon pun menguatkan dirinya dan bertahan di sana.

Bertugas sebagai asisten kepala dari Castle Black, Jon belajar banyak hal tentang memimpin dari Jeor Mormont. Bahkan ia sendiri yang membunuh atasannya tersebut saat para Wilding menyerang dan menangkap mereka. Jeor sendiri yang meminta Jon untuk membunuhnya. Ia lebih baik mati sebagai seorang Night Watch daripada menjadi tawanan para Wilding.

Ada banyak alasan kenapa sesuatu terjadi kepada seseorang. Mungkin itulah yang dinamakan sebagai takdir manusia. Seperti Jon Snow yang masih tidak percaya akhirnya ia bisa diangkat sebagai Lord of Night Watch. Beban Jon menjadi lebih berat lagi saat ia dipilih sebagai raja di daerah utara.

Sebagai King of North, ia memiliki tanggung jawab yang lebih besar yaitu untuk melindungi masyarakatnya. Hal yang paling ia khawatirkan dan selalu mengganggu pikirannya adalah bagaimana caranya agar ia bisa mengalahkan White Walker, para tentara zombie yang sudah berarak menuju The Wall.

Akhirnya setelah ada informasi dari Samwel Tarly dari Citadel, Jon mengetahui bahwa ada banyak Dragonglass yang terkubur di Dragonstone. Jon harus pegi ke sana untuk mendapatkan Dragonglass. Dragonglass adalah bahan tambang akam yang memiliki kekuatan magis untuk membunuh White Walker. Untuk mendapatkannya, Jon dan Ser Davos pergi menuju Dragonstone untuk menemui Daenerys Targaryen. Namun Jon cukup sulit untuk membujuk Ratu yang berambisi menjadi penguasa seluruh kerajaan..

Sementara Jon berada di Dragonstone, Brandon Stark sudah berhasil kembali ke Winterfell. Dengan bantuan Meera, Brandon akhirnya bisa kembali menuju rumah. Kini ia mempunyai kekuatan sebagai Three Eyes Raven yang bisa melihat masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Ia juga bisa melakukan warging yaitu mengendalikan hewan-hewan menurut kehendaknya.

Ketika Brandon masih kecil dan lumpuh, ia sudah beberapa kali menjadi incaran musuh dan nyaris terbunuh. Brandon berjuang dan bertahan hidup bersama Hodor, Meera Reed, Jojen Reed dan anjingnya yang bernama Summer. Sementara Rickon bernasib sial. Saudaranya itu akhirnya meninggal saat Battle of Bastard antara Jon Snow dan Ramsay Bolton. Ramsay memanah adik Jon tersebut, saat ia berlari menuju Jon.

Nasib Brandon bisa dibilang lebih beruntung daripada Rikcon walaupun ia lumpuh. Brandon kembali ke Winterfell untuk menemui Jon. Ia ingin memberitahu Jon tentang hal yang selama ini tidak diketahui oleh Jon.

Dan anggota keluarga Stark yang terakhir kembali ke Winterfell adalah Arya Stark. Hidup sebagai anak yang dikejar-kejar musuh, ia kini tumbuh menjadi seorang yang kuat dan memiliki daya tahan hidup yang hebat. Setelah belajar pedang dari No One di Braavos, Arya menjadi seorang petarung yang tidak bisa dianggap remeh. Ia bertekad untuk bisa membunuh semua orang yang telah membuat keluarganya hancur. Orang nomor satu yang paling ia benci dan ingin ia bunuh adalah Cersei Lanister.

Sekarang keluarga Stark telah bersatu lagi. Brandon, Arya dan Sansa sedang menunggu kepulangan Jon dari Dragonstone. Bersama-sama, mereka akan membangun Winterfell menjadi lebih baik lagi dan berharap semua tragedi dan peperangan segerai usai.