PI017 – Cara Mengembangkan Tulisan

“Tuliskan contoh-contoh dari 4 cara mengembangkan tulisan : menjawab pertanyaan, brainstorming, pohon kalimat dan seleksi.”

###

Beberapa cara untuk mengembangkan tulisanmu :

  1. Dengan menjawab pertanyaan.

Misal : Kemanakah kamu akan pergi jika bisa kemana saja?

Jika aku dapat bepergian kemana saja, aku akan keliling dunia. Namun terlebih dahulu aku akan keliling Indonesia. Aku akan mengajak banyak orang yang aku kenal agar bisa lebih meriah. Pertama, aku akan keliling daerahku dulu, Tasikmalaya kemudian berlanjut sampai berakhir di Kutub Utara.

Aku akan sangat senang bisa keliling dunia. Akan banyak hal baru serta pengalaman berharga yang menantiku. Aku akan bertemu banyak orang dengan ciri khas mereka masing-masing. Mulai dari aksen bicara, mimik wajah yang unik dan berbeda, budaya, adat dan tingkah laku mereka sehari-hari.

Selain daratan yang membentang luas, aku akan keliling dunia melalui laut juga udara. Di laut aku akan berlayar seperti angkatan laut atau bajak laut seperti Luffy si Topi Jerami dengan kapal Thousand Sunny atau Captain Jack Sparrow dengan kapal Black Pearl. Bahkan aku bisa menyelam ke dasar samudera, melihat indahnya dunia bawah laut yang memesona dan penuh dengan kejutan. Mungkin aku pun akan menemukan Atlantis, Kota Yang Hilang.

Di udara aku akan terbang sebebas Elang. Mengepakkan sayap lebarnya yang kokoh nan menawan. Aku juga bisa naik balon udara, pesawat siluman ‘Jet Stealth’ yang super cepat dan tak bisa terdeteksi oleh radar lawan, jadi aku bisa melintasi banyak negara tanpa harus memberi laporan.

Aku juga akan berpetualang ke dasar bumi seperti film Journey to The Center of Earth seperti yang dilakukan oleh Trevor, Hannah dan Sean. Aku akan masuk hutan, menjelajahi rimba yang ganas serta menaklukkan singa dan hewan lainnya.

Aku berjalan di padang rumpu yang hijau seperti permadani. Aku menunggangi kuda putih yang besar, gagah dan perkasa. Aku berlari dan terus berlari. Aku sampai di air terjun yang indah dan menyegarkan. Uh…rasanya sejuk sekali.

Aku berpindah-pindah tempat. Melintasi banyak negara dan budaya. Menikmati cuaca cerah di iklim tropis. Menggigil kedinginan di bawah hujan salju sambil bermain ski es atau aku pun bisa berjemur di pantai pasir putih yang bersih

Kemudian aku pergi ke atas. Ya, ke atas atap bumi. Langit yang terbentang luas. Aku menembusnya, menerobos atmosfir, stratosfir dan litosfir. Lalu melihat ke bawah. Maka terlihatlah Bumi, planet tempat tinggalku. Bulat, biru dan berputar. Sedang aku asyik melayang-layang di dekat Bulan. Memandangi keajaiban Allah Yang Maha Besar, Maha Kuasa menciptakan seluruh Tata Surya, berbagai Galaksi, tujuh lapis langit sampai ke Arasy. Aku bersujud syukur atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yang tak terbatas dan tak pernah habis serta tak pernah kehilangan keseimbangannya. Sampai perjalananku pun usai.

Setelah dari Kutub Utara kemudian aku pergi ke Tanah Suci, Makkah Al-Mukarromah untuk beribadah haji, menunaikan rukun islam yang kelima. Dan aku pun dijemput Izrail, Malaikat Penyabut Nyawa. Ia membawaku ke alam Barzah. Kemudian kelak aku akan dibangkitkan di Yaumil Akhir mempertanggungjawabkan semua amal perbuatanku kala di dunia. Aku berkumpul di Padang Mahsyar lalu dihadapkan kepada Pengadilan Tetinggi yang paling adil dengan saksi Mata, Tangan, dan Kakiku sendiri sedangkan mulutku terkunci rapat tak dapat berbicara sama sekali. Aku pun ditimbang amal baik dan burukku. Kemudian aku akan melintasi jembatan Shiratal Mustaqim dengan Surga di ujungnya dan Neraka yang berada tepat di bawahnya. Apakah aku ini Ahli Surga atau Ahli Neraka? Wallahu a’lam! Tak ada yang mengetahuinya kecuali Allah Subhanahu Wata’ala.

  1. Brainstorming (Curah gagasan atau membuat gagasan baru)

Kalimat-kalimat :

  • Mulai dari aksen bicara, mimik wajah yang unik dan berbeda, budaya, adat dan tingkah laku mereka sehari-hari
  • Aku akan berlayar seperti angkatan laut atau bajak laut seperti Luffy si Topi Jerami atau Captain Jack Sparrow
  • Mungkin aku pun akan menemukan Atlantis, Kota Yang Hilang.
  • Di udara aku akan terbang sebebas Elang

Gagasan Baru :

  • Mengarungi tujuh samudera dengan kapal punyaku sendiri dan akulah kaptennya
  • Terbang ke bulan dengan baju Iron Man. Jadi aku tidak perlu memakai pesawat ulang-alik
  1. Dengan membuat pohon kalimat sebagai pengelompokkan

Misal dari kata induk Keliling Dunia

keliling-dunia

  1. Dengan metode Seleksi

Pilihlah gagasanmu sendiri nanti dengan menguraikan terlebih dahulu gagasan. Salah satu pemicunya adalah dengan pertanyaan.

Misal : Mengapa aku sangat ingin keliling dunia ?

  1. Banyak hal baru : banyak teman baru, pengalaman yang seru, ilmu yang bertambah, hidup menjadi lebih hidup, tidak datar, tidak monoton.
  2. Keliling dunia mengajariku : memahami perasaan orang lain, memahami budaya suatu bangsa dengan keanekaragamannya, kebesaran Tuhan amat besar dengan berbagai anugerah, rahmat, karunia dan nikmat yang melimpah ruah, menjaga dan melestariikan alam sangat diperlukan, melihat apa yang orang lain lakukan, kerjasama, tolong-menolong dan saling mengahargai ternyata sangatlah berarti.
  3. Menyegarkan pikiran : dengan melihat pemandangan yang indah, mendengarkan suara alam.
Advertisements