PI002 – Tara dan Gema

Latihan menulis yang kedua adalah dengan merekam acara bincang-bincang di televisi dengan durasi kurang lebih lima menit. Tulis dialognya dan gunakan paragraf naratif untuk pembicara yang ada di rekaman beserta sikapnya, seolah-olah kamu sedang mengatur adegan drama.

Paragraf Naratif adalah paragraf yang menceritakan rangkaian kejadian atau peristiwa yang berupa fakta seperti peristiwa yang  berurutan (kronologis), fiksi, biografi, auto-biografi, catatan perjalanan atau ekspositoris.

Ciri-ciri paragraf naratif  :

  1. Ada tokoh, tempat, waktu, dan suasana yang diceritakan
  2. Mementingkan urutan waktu maupun urutan peristiwa
  3. Tidak hanya terdapat dalam karya fiksi (cerpen, novel, roman) tetapi juga terdapat dalam tulisan nonfiksi (biografi, cerita nyata dalam surat kabar, sejarah atau riwayat perjalanan).

Macam atau pola pengembangan paragraf Narasi :

  1. Narasi ekspositoris/nonfiksi/informatif adalah cerita yang benar-benar terjadi (cerita kepahlawanan, sejarah, biografi/otobiografi, cerita nyata dalam surat kabar)
  2. Narasi sugestif/fiksi/artistik adalah cerita yang menonjolkan khayalan sehingga pembaca terkesan, tertarik dan seakan-akan terhayut, bahkan merasa mengalami cerita tersebut (cerpen, novel dan lain-lain).

Contoh yang aku ambil untuk project ini adalah acara Kick Andy yang dipandu oleh Andy F. Noya dengan judul Tara dan Gema  Youtubers. Acara tersebut direkam di studio Metro TV.  Kick Andy disiarkan setiap hari Jumat pukul 20:05 WIB. Kick Andy mengundang dua orang narasumber untuk acaranya hari itu. Mereka berdua adalah Tara dan Gema yang berprofesi sebagai Youtuber.  Youtuber adalah orang yang memiliki channel di Youtube dan sering mengunggah video pada channelnya. Berikut adalah dialog diantara mereka bertiga.

Tara dan Gema

(A = Andy, T = Tara, G = Gema)

A  : Jadi kalian berdua ini apa? Teman, saudara?

T  : Jadi kita berdua ini kakak-adik.

A : Kalian berdua ini dikenal sebagai pengusaha yang memanfaatkan medium Youtube untuk menghasilkan uang. Sebenarnya apa sih yang kalian lakukan ini?

T : Kita bikin suatu content berupa video kemudian kita upload ke youtube.

A : Terus cara dapat uangnya gimana?

T: Dari iklan yang ada di dalam video. Jika penonton youtube mengklik iklan pada video tersebut maka kita dapat uang.

A : Jadi siapa aja yang membayar hasil kerja kalian ini?

T : Untuk iklan yang ada pada video kami itu diatur oleh pihak Youtube. Jadi kita gak pernah tahu iklan apa saja yang selama ini ditonton oleh para penikmat video kami. Tapi kita tahunya ada transferan yang masuk ke rekening kita setiap bulannya.

A : Hoo.. sombong

(Tara tertawa)

A : Gak tahu apa itu yang penting ada transferan ya. Sementara, saya jarang dapat transferan. Itu perbedaannya kita ya. Nah kalo gitu, kalian ini profesinya disebut apa dong?

T : Youtuber

A : Youtuber. Oke. Itu penamaannya ya. Jadi kalian kalau ditanya, kalian ini pengusaha apa?

T : Kita pengusaha pembuat video di youtube atau biasa disebut dengan youtuber.

A : Umurmu berapa?

G : Aku ini… ngg orang-orang bilang aku ini 40.

(semua tertawa)

A : Haha.. aku kira 60.

G : Iyaa.. sebenarnya aku ini 21.

A : Kalau Tara?

T : Aku 16.

A :  Apanya yang 16….???

T : Aku umurnya 25.

A : Tara dan Gema terakhir lulusan apa? Pendidikan formalnya yang terakhir apa?

T : Kalau saya yang terakhir secara official sih SMA dan ijazahnya hilang pas banjir.

A : Haha.. sebelum jadi Youtuber, sebelumnya udah pernah kerja di tempat lain?

T : Pernah.

A : Kalau Gema?

G : Kalau pendidikan aku itu S3.

A : Apa itu?

G : Syukur Sempat SMA.

(semua tertawa)

G : Tapi memang SMA aku lulus. Tadinya abis lulus Papa aku nanya mau kuliah dimana. Aku belum tahu waktu itu.

T : Nah, waktu itu dia mau UN di sekolahnya pas kelas 3 SMA lalu saya ajak untuk jadi Youtube Partner. Saya bilang ke dia. “Nih Gem, gue dapat duit dari Youtube.” Dia sangat bersemangat, “Oh Yeah? Kalau gitu gue mau ikut.” Dan dia waktu buat Channel Youtube langsung gede (banyak yang suka)

A : Jadi malah lupa melanjutkan kuliah ya.

Berikut ulasannya, “Film pendek animasi ini adalah hasil karya anak muda Indonesia. Diwantara Anugerah Putera dan Gema Cita Andika adalah dua orang dibalik video yang sudah dilihat oleh jutaan orang di Youtube. Tara dan Gema – begitu mereka akrab dipanggil – adalah creator video yang berhasil meraup untung dari Youtube. Berawal dari hobi menonton video sejak kecil, pada tahun 2010 mereka berdua memproduksi sebuah film pendek dengan menggunakan camera pocket milik sang Ibu. Sebuah video kreasi berjudul Berminator dunggah oleh mereka di Youtube dan diberi nama Channel Tara Art Movie. Tidak disangka, video-video mereka ini banyak ditonton oleh para pengguna Youtube. Mereka pun semakin rajin mengunggah video mereka hingga akhirnya mereka mendapatkan tawaran iklan produk untuk dipasang di Channel Tara Art Movie. Ini berarti pundi-pundi uang bagi mereka. Yang membanggakan adalah kecintaan mereka pada Dinosaurus membawa Steven Spielberg tertarik untuk menaruh promosi filmnya di Channel Youtube mereka. Uang yang mereka dapatkan kemudian digunakan untuk memperbarui alat produksinya. Bisa dilihat dari kualitas video mereka jauh lebih baik daripada video pertama mereka yang diunggah ke Youtube. Mereka memilik enam Channel video di Youtube yaitu Tara Art Movie, Tara Art Games, Tara Art Games Indonesia, Tara Art Network, Gema Show dan Gema Show Indonesia. Ke depannya mereka akan terus mempercantik karya-karya mereka demi mewujudkan cita-cita mereka untuk memproduksi film layar lebar dan game hasil karya mereka.”

A : Jadi awalnya Tara dulu yang terlibat untuk urusan upload karya-karya di Youtube.

T : Iya saya yang pertama.

A : Apa yang pertama di upload itu?

T : Video pertama saya dulu adalah video saya, adek saya dan sepupu saya yang berjudul Berminator.

A : Video tentang apa ini?

T : Yang kita bikin seneng aja. Kita bener-bener iseng aja buatnya. Karena kita seneng nonton film kita kepikiran untuk buat film. Pengen bikin film yang ada visual effect-nya. Jadi kita bikin video itu waktu Lebaran. Lalu saya upload. Ternyata, banyak orang yang nonton video saya itu dan menyukainya dan banyak juga yang beri komentar. Banyak juga yang nanya, “Oh ini bagaimana cara bikinnya?” Akhirnya kita buat komunitas sendiri di Youtube dan kita jadi sering upload ke Youtube.

A ; Lalu Gema ikut-ikutan setelah berapa lama?

G : Aku waktu tahun 2011, waktu itu aku masih SMA dan kita waktu itu sempet ikutan lomba. Sebenarnya aku join sama Mas Tara itu udah dari tahun 2008. Kita masih iseng-iseng bikin video tapi belum menghasilkan uang seperti sekarang. Jadi memang benar-benar upload hanya untuk iseng-iseng aja.

T : Kalau untuk channel aku sendiri, aku mulai punya itu tahun 2012 awal.

A : Kalian ini ‘satu payung’ penamaan di Youtube atau sendiri-sendiri.

T : Penamaan di Youtube sih satu yaitu Tara Art. Karyanya bisa macam-macam.

A : Jadi waktu kalian mulai menarik perhatian itu pada saat kalian membuat karya yang berkaitan dengan Dinosaurus.

T : Ya.

A : Pantes kalian lama-lama mirip Dinosaurus.

T : Haha… betul juga sih. Kita waktu itu pernah masukin link video di sebuah forum Dinosaurus. Ternyata mereka tertarik banget. Aku yang ngenfans sama Dinosaurus akhirnya sering upload video tentang Dinosaurus. Nah pas kita sering upload itu banyak yang lihat video kita. Sebenarnya sih gak selalu tentang Dinosaurus. Masih banyak video lainnya. Cek channel kita aja ya.

 

Advertisements